Berita Desain Grafis di Dunia – Rachelake

Rachelake.com Situs Kumpulan Berita Desain Grafis di Dunia

Tren Desain Grafis Terbaik Saat Ini

Tren Desain Grafis Terbaik Saat Ini – Desain grafis juga telah dikenal sebagai desain komunikasi, adalah suatu seni dalam menyampaikan pesan dengan konten visual dan teks. Bentuk komunikasi bisa berupa media digital maupun fisik. Para desainer, ketika mereka menyediakan layanan desain grafis, menggunakan gambar, tipografi, simbol, atau teks sederhana untuk memenuhi tujuan tertentu.

Dalam lingkungan global kompetitif modern saat ini, desain grafis telah menjadi bagian integral dari bisnis. Jika ada yang gagal dalam mengkomunikasikan sifat bisnis kepada pelanggan atau klien potensial mereka, mereka mungkin tidak dapat melakukan penjualan atau menghasilkan arahan.

Tren Desain Grafis Terbaik Saat Ini

Tentu saja ada banyak cara lain untuk menyampaikan informasi semacam itu, tetapi seperti yang dikatakan seseorang dengan tepat, “Sebuah gambar bernilai ribuan kata.” Gambar itulah yang menarik perhatian lebih dulu. Disinilah desain grafis memainkan peran utama.

Dalam bisnis, terutama dalam hal branding, tren desain web memainkan peran penting. Di satu sisi, mereka memberikan gambaran tentang apa yang sedang populer di industri, dan di sisi lain, mereka juga memberikan gambaran tentang apa yang akan populer di pasar di masa mendatang.

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan desain grafis atau memiliki bisnis desain sendiri, agar tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, penting untuk mengetahui tren desain terkini. Berikut ini sekilas beberapa tren desain grafis terbesar di pada saat ini.

1. Art Deco

Tren Desain Grafis Terbaik Saat Ini

Deco adalah gaya desain seni visual yang kuat yang pertama kali muncul setelah Perang Dunia Pertama di Prancis. Ini adalah gaya eklektik yang menggabungkan motif kerajinan konvensional dengan citra dan bahan dari Zaman Mesin. Gaya sering dikategorikan berdasarkan kurva tebal, warna yang kaya, bentuk geometris, dan garis gerak.

Meskipun gaya desainnya sudah berusia seratus tahun, namun dipikir-pikir ini akan membuat comeback yang serius di tahun 2021. Tren ini dikaitkan dengan karya klasik desainer Raymond Loewy dan A.M Cassandre. Gaya desain ini dapat diterapkan pada tema atau subjek apa pun. Di Amerika gaya tersebut dikenal dengan nama-nama seperti Jazz Modern, Modern, Modernistic atau Streamline style.

2. Tata Letak Asimetris

Dalam beberapa tahun terakhir, Anda pasti telah memperhatikan bahwa tata letak iklan dan situs web relatif mirip. Sudut paling kanan dari jendela tidak digunakan karena dipenuhi dengan iklan. Namun pada tahun 2021, Anda akan melihat tata letak gaya kisi yang asimetris dan tersebar.

Tata letak gaya baru ini tidak akan meletakkan informasi dalam format tradisional (persegi dan persegi panjang). Pengguna merasa penasaran untuk mengetahui kemana arah grafik dan informasi selanjutnya, membuat mereka menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda dan menjelajahi lebih banyak.

3. Desain 3D

Pada tahun 2021, 3D akan memainkan peran besar dalam desain grafis dan web. Selain mengkomunikasikan tujuan tertentu, penyatuan gambar memberikan kedalaman yang luar biasa bagi penonton untuk menyerap dan terlibat di dalamnya. Untuk menarik minat audiens, banyak perusahaan beralih ke gaya karya seni ini.

Meningkatnya penggunaan desain 3D memotivasi desainer grafis untuk menjadi lebih kreatif dan berpikir di luar kotak. Dengan meningkatnya program seperti Adobe Dimension, tren ini akan sangat mempengaruhi kemasan produk.

4. Jenis Logo Fleksibel

Sama seperti tahun lalu, brand akan terus menuntut lebih banyak dari desain logo mereka di tahun 2021. Jenis logo yang fleksibel, di mana huruf dapat berganti posisi, memberikan fleksibilitas lebih bagi perusahaan dalam menggunakan logo.

Apakah Anda menggunakan versi animasi atau beradaptasi dengan ruang terbatas dalam desain aplikasi, jenis logo yang fleksibel pasti akan menjadi berita besar tahun ini.

5. Efek Metalik

Jika Anda berpikir bahwa emas tidak lagi menjadi mode, pikirkan lagi. Besi, Emas, Perunggu, Platinum, semuanya kembali lagi tahun ini. Desainer menggunakan efek metalik untuk menambah dimensi pada desain.

Saat Anda memainkan cahaya, Anda mendapatkan objek 3D yang memberikan efek kelas tinggi. Dan hal terbaik tentang elemen desain ini adalah tidak kehilangan daya tariknya saat dicetak di poster, brosur, dll. Semua berkat teknologi terbaru!

6. Realisme + Elemen Desain Datar

Anda pasti pernah mendengar pepatah populer ‘berlawanan menarik’. Untuk menarik perhatian pengguna, desainer grafis selalu mencampur tren yang saling melengkapi.

Tetapi jika mereka ingin menciptakan sesuatu yang unik dan inovatif, mereka lebih cenderung bereksperimen dengan campuran dimensi, gaya, dan teknik yang aneh. Objek dunia nyata yang dipadukan dengan elemen desain visual datar, selain itu, juga bakal banyak menyedot perhatian di tahun 2021.

7. Floating Objects

Tren Desain Grafis Terbaik Saat Ini

Kita tidak yakin kapan kita akan melihat era mobil terbang, tapi era benda mengambang dalam desain grafis akan segera datang. Ide utama desain grafis di balik konsep ini adalah menciptakan gambar yang tidak hanya bergerak seolah-olah dalam lingkungan non-gravitasi tetapi juga menyampaikan perasaan jatuh bebas.

Teknik 3D sering dicampur dengan konsep. Sementara bidang desain 3D mengungkapkan potensi seorang desainer, konsep non-gravitasi tentu memberikan lampu hijau untuk menambah minat pada pekerjaan.

8. Open Composition

Anda pasti pernah melihat bahwa untuk memberikan desain tampilan yang selesai, desainer menggunakan bingkai dalam desain. Namun kini tren desain terbuka dan lapang telah masuk. Desainer sekarang dapat menyingkirkan bingkai dan menarik penonton dengan desain yang terbuka dan lapang.

Meskipun setiap bagian terlihat seperti satu bagian dari keseluruhan desain, desainer dapat menggunakan komposisi secara kreatif untuk membuatnya tidak terbatas dengan setiap bagian melanjutkan komposisi. Konsep ini dapat dengan mudah digunakan dalam desain situs web, jadi tambahkan ini dalam daftar tren desain situs web Anda.

9. Isometric Design

Dengan bantuan desain Isometrik, Anda dapat menciptakan seluruh alam semesta di tempat kecil dengan detail penuh. Ini mungkin terdengar sedikit teknis, tetapi ini hanyalah metode menggambar objek 3D dalam dua dimensi. Meskipun desainnya bersih dan sederhana, namun memiliki kedalaman yang tidak dapat tercermin dalam desain datar.

Hal yang membuat tren ini populer adalah ikonnya. Ikon isometrik lebih hangat dan taktil dibandingkan dengan desain datar. Selain itu, dibandingkan dengan 3D, desain isometrik disimpan dalam ukuran file yang lebih kecil.

10. Logo Piktogram

Tidak ada yang baru dalam desain logo berbasis ikon, namun tahun ini, Anda akan melihat merek yang menggunakan gaya logo piktogram.

Gaya ini akan membantu merek dalam menunjukkan identitas mereknya dengan cara yang lebih simbolis. Jenis logo seperti itu tidak mengandung teks apa pun. Artinya desain Anda harus sangat kuat secara visual.

11. Efek Glitch

Sangat lucu melihat bagaimana tren muncul. Hal yang tadinya menjadi kesalahan para desainer kini menjadi tren. Efek glitch pada dasarnya adalah gambar rusak yang dibuat dengan sengaja. Lapisan berwarna yang berbeda atau kurangnya keteraturan antara dua bagian gambar merusak gambar.

Selama bertahun-tahun, efek tersebut telah digunakan dalam film horor, tetapi pada tahun 2018 tren ini mengambil alih dunia desain grafis arus utama. Dan itu akan terus mempertahankan posisinya tahun ini juga.

12. Warna-warna cerah

Dalam dunia yang kompetitif saat ini, di mana rentang perhatian sangat pendek, warna dapat membantu desainer grafis profesional untuk menarik perhatian audiens dan mengkomunikasikan pesannya. Dan tahun ini, mereka menarik perhatian dengan bantuan warna-warna cerah. Saatnya melupakan bermain aman dengan warna.

Anda akan melihat banyak skema warna yang kaya dan cerah di dunia desain. Pada tahun 2018, perusahaan seperti Apple, Adidas, Nike telah menggunakan warna-warna cerah dalam produk mereka serta upaya pemasaran. Dan pada tahun 2021, tren akan berkuasa dengan sangat baik.

Back to top